Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Engagement Rate Instagram Tinggi? Coba Buat Konten dengan 7 Topik Ini

Bagi Anda yang kesulitan untuk menaikkan engagement rate di Instagram, mungkin ada yang salah dari pola postingan yang dibuat, atau bisa juga disebabkan karena topik  yang dijadikan sebagai konten terlalu monoton. Banyak pula yang sudah berusaha konsisten posting, akan tetapi engagement rate masih belum maksimal.

Semua hal yang terjadi terkadang membuat Anda menjadi putus asa dan malas. Hal ini wajar karena setiap orang pasti memiliki keinginan agar konten yang diposting di instagram menjadi viral dan juga mendapatkan engagement yang tinggi. Apalagi untuk seorang influencer di Ibukota, partner digital marketing agency Jakarta juga banyak yang memberikan syarat engagement rate akun mencapai batas yang telah ditentukan.

Menaikkan Engagement Rate Instagram
Menaikkan Engagement Rate Instagram


7 Topik Konten yang Bisa Meningkatkan Engagement Rate

Namun, Anda tak perlu khawatir karena di bawah ini kita akan membahas mengenai 7 topik yang sangat potensial untuk menaikkan engagement Instagram. Apa sajakah topik tersebut? mari kita bahas satu persatu.

Makan Besar 

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan topik yang satu ini. Meski video yang disajikan hanya sekadar video makan, tetapi topik ini sangat banyak penikmatnya, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Video yang disajikan pun beraneka ragam, dari mulai pembelian bahan, proses memasak, sampai kepada proses menyantapnya. Bisa jadi, jika Anda membagikan topik ini di akun Instagram, kemungkinan besar engagement rate-nya menjadi tinggi.

Kata-Kata

Topik mengenai video kata-kata ini sudah banyak di beberapa akun online. Bukan hanya cara penyampaian kalimatnya yang bagus, tetapi juga karena latar musik serta videonya sangat menyentuh dan mengena di hati para penonton.

Agar lebih mudah, Anda bisa mengambil video dari cuplikan film, acara televisi, ataupun dari vlog para YouTuber. Jika ingin memiliki ciri khas tersendiri di akun Instagram, Anda juga bisa mengedit sendiri video yang akan di-upload.

Mekap (Makeup)

Mekap menjadi topik yang akhir-akhir ini banyak sekali peminatnya, terutama kaum hawa. Ya, semakin banyak wanita yang ingin belajar merias diri menjadikan video jenis ini menjadi hiburan tersendiri di tengah penat nya keseharian para wanita.

Tidak hanya mekap biasa, kini banyak sekali variasi mekap sesuai tema, seperti berdandan layaknya zombie, hantu, princess, meniru pemeran kartun Disney, berdandan layaknya sedang terluka, dan masih banyak lagi.

Humor

Tema humor banyak digunakan oleh para pemilik akun Instagram dengan followers yang tinggi karena tema ini sangat menghibur dan memberikan kesan positif bagi audiens. Seperti yang Anda tahu, warga Indonesia sangat menyukai lawakan atau candaan dalam postingan di media sosial .

Tidak hanya itu, topik humor ini juga banyak disukai audiens dari luar Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin meningkatkan engagement rate Instagram, semakin lucu topik yang Anda posting, semakin baik pula hasil yang akan diterima. Jangan lupa, selipkan pesan moral atau edukasi di setiap video agar audiens senang dan bertambah pemahamannya.

Seni (Art)

Tidak semua orang bisa membuat sebuah karya seni yang indah, tetapi banyak yang suka ketika melihat seseorang mampu berkreasi dengan apa pun itu, terutama dalam bidang seni. Selain menarik dan selalu mengundang perhatian, seni juga menyuguhkan sesuatu yang tidak pernah membosankan. Jika Anda selalu memiliki ide baru, tidak ada salahnya memilih topik seni atau art ini untuk dijadikan konten Instagram agar semakin banyak orang yang melihat akun Anda.

Topik seni memberikan hiburan tersendiri kepada para penonton atau penikmatnya. Banyak konten yang bisa dikembangkankan dari topik ini, seperti beberapa konten berikut ini:
  • Menggambar dengan cat air
  • Menggambar dengan pensil
  • Tulisan bergaya
  • Pahatan patung
  • Gambar digital

Pengetahuan

Untuk topik yang satu ini tidak kalah banyak peminatnya dibanding dengan topik yang lain. Selain karena kebutuhan akan materi pendidikan ataupun pengetahuan umum memang semakin meningkat, juga karena topiknya bermanfaat. Agar penikmat topik ini tidak merasa bosan, konten bisa dihadirkan dengan cara yang unik atau menyelipkan sedikit humor dalam postingan.

Segala sesuatu yang monoton tentu semakin lama akan semakin membosankan saat menonton atau menikmatinya. Mungkin hal ini yang menjadi penyebab turunnya engagement rate Instagram Anda. Maka dari itu, selalu berikan unsur lain yang bisa menjaga ritme audiens agar tetap betah menikmati setiap topik yang Anda hadirkan dengan nyaman.

Bisnis dan Usaha

Di tengah masa pandemi seperti ini, banyak orang yang menjadi pengangguran dan berpikir untuk banting setir mencoba berbagai jenis usaha. Topik seperti ini bisa menjadi topik yang banyak dicari orang. Selain engagement rate Instagram meningkat, secara tidak langsung Anda sekaligus dapat membantu orang lain dalam memulai usaha mereka.

Meningkatkan semangat para pengusaha muda yang baru merintis usaha mereka dengan memberikan sedikit motivasi yang mungkin akan menginspirasi juga dapat Anda lakukan. Semakin besar pengaruh konten yang Anda bagikan untuk audiens topik ini, maka semakin meningkat pula engagement rate Instagram Anda.

Faktor Pendukung yang Bisa Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Tujuh topik yang bisa membantu meningkatkan engagement rate Instagram sudah kita bahas. Selain itu, ada faktor pendukung lainnya yang juga berpengaruh, yaitu:

Jam Posting

Jam posting ditentukan dari topik apa yang Anda bawakan dan siapa target yang Anda tuju. Setiap topik harus Anda sesuaikan waktu tayangnya sesuai kondisi audiens yang berbeda.

Usahakan untuk posting di saat para followers Anda sedang online. Semakin Anda paham jam online para followers, semakin bagus untuk meningkatkan engagement rate Instagram.

Rutinitas Posting

Sebagus apa pun konten yang Anda posting, jika tidak rutin dilakukan maka akan sia-sia belaka. Sebaliknya, makin teratur dalam melakukan posting, semakin bagus pula hasilnya bagi kemajuan akun Anda. Jadi, buatlah jadwal update agar Anda juga bisa disiplin.

Kualitas Gambar

Hal yang tak kalah penting adalah kualitas gambar. Semakin bagus kualitas gambar yang Anda posting artinya semakin terlihat seperti akun ofisial, karena sekarang banyak orang yang meniru akun lain untuk mendapat keuntungan. Jadi, selalu usahakan untuk memberi logo atau nama di setiap gambar yang Anda unggah agar gambar tidak dicuri atau disalahgunakan oleh orang lain.

Memiliki engagement rate Instagram yang tinggi  memang sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang influencer atau buzzer. Apalagi seorang influencer itu selalu dibutuhkan di dunia digital marketing agency Indonesia. Tips di atas semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut. Selamat mencoba!




Post a Comment for "Ingin Engagement Rate Instagram Tinggi? Coba Buat Konten dengan 7 Topik Ini"

Berlangganan via Email