Hasil 2 Tahun Prestasi Presiden Jokowi di 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia


LINTAS FAKTA - Hampir 3 Tahun Pemerintahan Jokowi – JK berjalan. Dimulai dari mencalonkan diri pada Pemilihan Umum 2014 bersama Jusuf Kalla, kini Joko Widodo menjadi salah satu presiden terbaik yang pernah dimiliki oleh Republik Indonesia selama 71 Tahun kemerdekaan. Menang Pemilihan Presiden hanya 1 putaran pada 2014.

Joko Widodo pun mulai menjalankan program – program andalannya, seperti diterbitkannya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), mulai menampung aspirasi masyarakat melalui  Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH).

RKIH menjadi wadah bagi simpatisan Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Umum 2014 dan masyarakat untuk turut berpastisipasi dalam pembangunan nasional. Di peringatan 72 Tahun Indonesia merdeka nanti maka presiden kita telah melakukan banyak perubahan.

Presiden Joko Widodo telah banyak menorehkan keberhasilan dalam menyelesaikan proyek – proyek yang mangkrak pada pemerintahan sebelumnya. Prestasi Presiden Joko Widodo dalam memimpin Indonesia ini mengantarkannya menjadi Pemimpin Terbaik Asia-Australia pada tahun 2016 versi Bloomberg.

Keberhasilan Presiden Joko Widodo juga membuatnya menjadi salah satu tokoh nasional yang dibuatkan patung lilin dirinya yang mulai dipamerkan di Museum Madame Tussauds Hongkong per tanggal 2 Mei 2017. Di peringatan 72 Tahun Indonesia Merdeka kita telah melalui berbagai fase kemerdekaan yang menuntut kita untuk dewasa.

Telah banyak terjadi pergantian pemimpin dan telah banyak terjadi pembagian program selama perjalanan mengisi kemerdekaan Indonesia. Presiden Joko Widodo yang merupakan Presiden Ke-7 Republik Indonesia terus berbenah dan membangun bangsa dengan semboyannya “Kerja, Kerja, dan Kerja.”

Seolah tiada henti bagi Presiden Joko Widodo untuk terus bekerja dan berbenah demi kemaslahatan bangsa. Bersama dengan menteri – menterinya yang terdiri dari para politisi dan para akademisi.


Presiden Joko Widodo bahu – membahu bersama rakyat untuk mencapai cita – cita bangsa yang sesuai dengan Undang – Undang  Dasar tahun 1945. Yang membedakan pemerintahan pada zaman Presiden Joko Widodo dan presiden sebelumnya adalah pemilihan menteri yang dilakukan. Jika kita melihat kembali ke periode sebelumnya, dapat terlihat bahwa komposisi menteri lebih banyak oleh simpatisan politik partai pendukung.

Namun, pada jaman pemerintahan Presiden Joko Widodo dapat kita lihat bahwa banyak para akademisi yang menjadi menteri – menteri yang penting, sebut saja Anies Rasyid Baswedan selaku Menteri Pendidikan sebelum diganti oleh Muhadjir Effendy, Muhammad Nasir selaku Menteri RISTEKDIKTI, Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan, Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Perekonomian, Ignasius Jonan selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, dan masih banyak lagi menteri pada Pemerintahan Jokowi – JK yang berasal dari kalangan akademisi.

Melalui kementerian yang dibentuk Pemerintah Jokowi – JK maka sekarang telah dapat kita rasakan prestasi – prestasi Jokowi kini. Dalam hal ini peranan kementerian dalam melaksanakan program – program Pemerintahan Jokowi – JK dapat diapresiasi.

Banyak gebrakan yang telah dilakukan oleh Pemerintahan Jokowi – JK yang bahkan belum pernah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya. Salah satu gebrakan yang paling berani yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo adalah dengan membubarkankan PETRAL.

Pembubaran PETRAL yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo karena Pertamina Energy Trading Ltd (PETRAL) ini disebut – sebut sebagai ladang subur bagi “mafia migas”. Hal ini membuat pembelian BBM melalui PETRAL jauh lebih mahal, ketimbang memnbelinya langsung pada National Oil Company (NOC) sebagai produsen, lantaran pengadaan PETRAL selama ini dilakukan melalui trader.

Dengan dibubarkannya PETRAL maka pemerintah dapat menghemat anggaran sebesar Rp. 250 miliar/hari dan keuntungan pada PERTAMINA akibat dari pembubaran PETRAL selama 2 tahun sejak 2015 hingga 2016 mencapai lebih dari Rp. 5 Triliun.

Selain itu, salah satu program Presiden Jokowi yang disebut – sebut salah satu program tersukses dalam bidang perpajakan adalah Program Amnesti Pajak. Menurut Catatan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, dari target penerimaan negara sebesar Rp 165 triliun, pada satu bulan sebelum penutupan periode amnesti pajak (tax amnesty), sudah menghasilkan penerimaan negara sebesar Rp 112 triliun. Jumlah itu berasal dari 682.822 wajib pajak.

Program – program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo memiliki banyak keunggulan yang belum dapat dilihat dalam masa pemerintahan sebelumnya. Meskipun belum 3 tahun menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia namun, pemerintahan Joko Widodo menjadi salah satu pemerintahan terbaik.


Selain dari 2 program yang memang menjadi trending topic selama program itu dijalankan, masih ada lagi program yang lainnya yang merupakan hasil kerja Presiden Joko Widodo bersama menteri – menterinya. Keberhasilan Presiden Joko Widodo dalam setiap programnya menjadikannya sebagai salah satu pemimpin terbaik dunia yang tentu saja membanggakan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Salah satu program yang juga dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada masa kampanyenya adalah Program Tol Laut. Bahkan pada tahun ini Pemerintah akan menambah 7 Rute dan 100 Kapal untuk tercapainya tujuan diadakannya Program Tol Laut.

Salah satu bukti sukses berhasilnya pelaksanaan Program Tol Laut adalah berhasil merapatkannya Kapal Raksasa Perancis bernama Compagnie Maritime d’affretement-Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) dengan kapasitas 8.500 Teus yang bersandar di Tanjung Priok, Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa ide “gila” Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia akan tercapai.

Presiden Joko Widodo memang ingin untuk mengembalikan kekuatan ekonomi Indonesia melalui laut dan kembali menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia seperti pada masa dahulu. Dengan bersandarnya kapal raksasa milik Perancis ini semakin menandakan bahwa Program Tol Laut kian berhasil untuk mewujudkan impian dan ide “gila” Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia karena kita semua tahu bahwa di laut Indonesia jaya dan kuat.

Data di atas ini adalah beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Presiden Joko Widodo selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Dibalik masih panjangnya masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini pasti tidak menutup kemungkinan bahwa Presiden Joko Widodo bakal menorehkan prestasi yang lebih banyak lagi demi kemaslahatan bangsa.

Peringatan 72 tahun Indonesia merdeka mesti kembali menjadi batu loncatan bangsa ini agar dapat mencapai impian bangsa untuk mencapai Indonesia yang sejahtera, makmur, dan sentosa pada peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-100 tahun pada tahun 2045.


 Sumber Referensi :



  1. http://nasional.kompas.com/read/2017/02/09/21391601/program.tol.laut.pemerintah.tambah.7.rute.dan.100.kapal.  – diakses pada 26 Juli 2017
  2. https://finance.detik.com/wawancara-khusus/d-3266372/buka-bukaan-soal-pembubaran-petral – diakses pada 27 Juli 2017
  3. http://nasional.kompas.com/read/2016/12/08/06330071/jokowi.khusus.tax.amnesty.saya.pakai.jas – diakses pada 27 Juli 2017
  4. http://nasional.kompas.com/read/2017/05/01/20452131/patung.lilin.jokowi.hadir.di.madame.tussauds.hongkong – diakses pada 26 juli 2017
  5. https://seword.com/politik/2-tahun-prestasi-presiden-jokowi-di-72-tahun-kemerdekaan-indonesia/ - di akses 13 agustus 2017


0 Response to "Hasil 2 Tahun Prestasi Presiden Jokowi di 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia"

Posting Komentar

Kalau Ingin Berkomentar!!!
-Mohon berkomentar sesuai dengan topik
-Dilarang Nyepam
-Link Hidup Langsung Dihapus