Cara Makan Pengaruhi Berat Badan



FAKTA TERBARU - Bukan hanya jenis makanan dan pola makan saja yang mempengaruhi naik atau turunnya berat badan. Tapi ternyata cara makan juga sangat berpengaruh. Mengapa demikian?

Psikolog LightHouse Indonesia Naomi Ernawati Lestari mengatakan banyak orang yang merasa sudah makan makanan sehat dan pola makan yang sudah baik tapi tidak mengalami penurunan berat badan. Bahkan, beberapa diantaranya sempat mengalami kenaikan berat badan. Ia mengatakan sebenarnya tidak hanya jenis makanan dan pola makan saja yang mempengaruhi naik atau turunya berat badan. Tapi juga cara makan yang benar sangat berpengaruh terhadap berat badan.

“Sayangnya, masih banyak yang memiliki cara makan yang salah,” ungkap Naomi di sela #HappyLightVibe di Jakarta, Kamis (20/7).

Naomi mengatakan sebagian besar orang memiliki cara makan yang salah, seperti makan dengan cepat. Hal itu membuat setiap makanan yang dimakan tidak dinikmati dengan sepenuh hati dan kesadaran penuh atau mind full. Alhasil, makanan yang dimakan akan terus merasa kurang dan terus menambah porsi makannya sehingga mempengaruhi berat badan. “Hal itu karena sinyal kenyang baru akan muncul 20 detik setelah suapan makanan,” ujar dia.

Tidak hanya itu, lanjut Naomi, makan dengan cepat juga akan membuat lambung menjadi bekerja lebih keras, pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan lambung. Itu karena saat makan dengan cepat, makanan yang dikunyah tidak menjadi halus dan kemudian langsung ditelan. “Untuk itu, sebaiknya cara makan segara diubah. Karena tidak hanya berdampak pada kenaikan berat badan tapi juga kesehatan,” jelas Naomi.

Menurut Naomi, cara makan yang benar adalah dengan memberikan jeda minimal 10 detik antar suapan makanan. Jeda waktu tersebut memberikan kesempatan untuk menikmati dan merasakan makanan. Misalnya saja, setiap akan menyuap makanan dicium dulu aroma makanannya dan dirasakan setiap kunyahnya. Pada akhirnya akan menimbulkan kepuasan memakan makananan dan dijamin tidak akan menambah porsi makanan lagi. Selain itu, dengan jeda makan itu proses mengunyah makan akan lebih lama dan banyak sehingga menghasilkan makanan yang halus dan tidak membuat lambung bekerja keras.

Naomi mengakui tidaklah mudah dalam mengubah cara makan mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan cara untuk membantunya. Salah satunya adalah dengan menggunakan Garpu Diet yang dikenalkan LightHouse untuk memanta cara makan yang tepat. Garpu Diet berupa garpu yang bisa mengingatkan waktu jeda yang tepat untuk menikmati makan setia suapnya. “Jika kurang dari 10 detik kembali menyuap makan, maka garpu tersebut akan bergetar mengingatkannya,” tutup dia.

http://www.poker757.com/?ref=poker757002







0 Response to "Cara Makan Pengaruhi Berat Badan"

Posting Komentar

Kalau Ingin Berkomentar!!!
-Mohon berkomentar sesuai dengan topik
-Dilarang Nyepam
-Link Hidup Langsung Dihapus