Bandara Sam Ratulangi Lakukan Pemeriksaan Sesuai Standar


FAKTA TERBARU - Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melakukan pemeriksaan calon penumpabg sesuai prosedur standar.

"Tidak terkecuali semua harus diperiksa," kata Plt General Manager Bandara Samrat Manado Erik Susanto di Manado, Rabu (5/7).

Hal tersebut disampaikannya menanggapi video yang viral tentang penamparan seorang ibu kepada petugas aviation security (avsec). Tindakan tersebut dilakukan oleh penumpang Batik Air ID6275 tujuan Jakarta kepada petugas Avsec Bandara Sam Ratulangi Manado pada Rabu (5/7) pagi.

Kejadian bermula pada pukul 07.46 Wita, datang dua calon penumpang, yaitu seorang ibu dan anak melalui pemeriksaan walk through metal detector (WTMD) di security check point (SCP) 2 Bandara Sam Ratulangi Manado. Pada saat melalui WTMD, alarm berbunyi karena mendeteksi adanya unsur logam.

Sesuai prosedur yang berlaku, bahan yang mengandung unsur logam wajib dilepas untuk dilakukan pemeriksaan. Personel avsec pun meminta calon penumpang tersebut kembali untuk melepaskan jam tangan dan dilakukan pemeriksaan ulang dengan mesin X-Ray.

Meski sempat menolak dilakukan pemeriksaan, calon penumpang tersebut akhirnya bersedia melepas jam tangan untuk dilakukan pemeriksaan ulang. Tetapi kemudian terjadi adu mulut dan penamparan tersebut.

"Pemeriksaan calon penumpang dan barang di bandar udara sudah diatur oleh undang-undang dan petugas di lapangan sudah menjalankan sesuai prosedur yang berlaku. Atas kejadian ini kami sangat menyayangkan adanya sikap penolakan dari calon penumpang, karena pemeriksaan dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan," ujar Erik Susanto.

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kasus tersebut diproses sesuai hukum yang berlaku agar kejadian itu menjadi pembelajaran bagi semua pihak, khususnya penumpang pesawat udara.


“Kepada penumpang agar bisa kooperatif, ikuti arahan petugas, seperti memasukkan seluruh barang bawaan ke dalam mesin x-ray, termasuk jam tangan, handphone, melepas ikat pinggang, dan jaket. Jika diperlukan, petugas avsec punya hak penuh untuk memeriksa penumpang lebih detail, demi keselamatan dan keamanan bersama,” ujarnya.

Dalam kasus tersebut, baik petugas avsec maupun penumpang yang menampar saling mengadukan kasus tersebut ke polisi.

http://www.poker757.com/?ref=poker757002

0 Response to "Bandara Sam Ratulangi Lakukan Pemeriksaan Sesuai Standar"

Posting Komentar

Kalau Ingin Berkomentar!!!
-Mohon berkomentar sesuai dengan topik
-Dilarang Nyepam
-Link Hidup Langsung Dihapus