Prediksi Kamboja Vs Indonesia: Tes Tandang Perdana Luis Milla

Lintas fakta - Phnom Penh - Publik sepak bola Tanah Air belum lupa dengan aksi sensasional Timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl yang lolos ke final Piala AFF 2016. Luis Milla yang kini jadi pelatih Tim Merah-Putih diharapkan bisa meneruskan tren positif timnas.


Berbekal reputasi mentereng membawa Timnas Spanyol juara Piala Eropa U-21 edisi 2011, Luis Milla digadang-gadang PSSI bakal menghadirkan prestasi. Tugas utama perdana mantan bintang Barcelona dan Real Madrid itu memimpin Timnas Indonesia U-22 di pentas SEA Games 2017 yang dihelat di Malaysia pada medio Agustus mendatang.

Guna mematangkan mental bertanding penggawa Garuda Muda, Milla dan PSSI bereksperimen menyulap Timnas Indonesia U-22 menjadi Timnas Indonesia Senior.

Hampir tiga bulan menggelar pelatnas, penampilan Timnas Indonesia U-22 terlihat belum stabil. Saat menjalani uji coba internasional perdana sebagai timnas senior, Gian Zola dkk. digasak semifinalis Piala AFF 2016, Myanmar dengan skor telak 3-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Konsekuensinya peringkat FIFA Indonesia pun merosot. Eksperimen serupa kembali dilakukan di duel uji coba lanjutan kontra Kamboja, Kamis (8/6/2017) di Phnom Penh Olympic Stadium.

Namun, sedikit berbeda kali ini Milla menyertakan lima pemain senior mendampingi para pemain muda. Pelatih asal Negeri Matador ini agaknya tidak ingin kehilangan muka dengan terus mencetak rekor negatif di Timnas Indonesia.

Kamboja sendiri sejatinya lawan enteng, mereka bukan negara elite di persaingan sepak bola Asia Tenggara. Negara penganut paham sosialis ini tak pernah meraih hasil positif saat bersua Indonesia.

Di lima laga pertemuan terakhir, Kamboja sempat kalah dengan skor telak 0-7 (21/8/2008) dan 0-6 (22/4/2001). Berbekal hasil-hasil positif tersebut semestinya Tim Garuda dengan mudah mengatasi perlawanan kubu lawan, yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah.

Walau fakta di atas kertas itu, tak jadi jaminan. Kamboja bakal menurunkan skuat terbaik di level senior. Para pemain belia Timnas Indonesia kudu kerja ekstra keras untuk bisa mendulang poin absolut.

Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 jelang keberangkatan ke Kamboja di Jakarta, Senin (05/06/2017). Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi laga uji coba melawan Kamboja pada 8 Juni 2017. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sadar duel uji coba ini tak mudah, Luis Milla memilih merendah. "Kamboja merupakan tim yang bagus, apalagi berlaga di depan publik sendiri, mereka mampu menguasai pertandingan, menekan, dan pelatih mereka selalu mencoba menerapkan permainan menyerang. Dalam beberapa pertandingan terakhir, mereka juga mampu mencetak gol."

Namun, ia menyakini Timnas Indonesia tetap bisa meraih hasil positif. "Tapi, kami juga punya tim yang bagus yang tengah berkembang. Kita akan lihat seperti apa tim kita saat melawan Kamboja nanti. Yang saya ingin para pemain bisa melakukan dan melihat serangan dibangun dari arah mana saja, dan terjadi koneksi yang baik antara pemain satu dengan pemain lain," kata Milla.

Sang mentor menyebut duel ini menjadi kesempatan yang bagus baginya melihat kualitas pemain sesungguhnya, menghadapi tekanan laga tandang.  "Tim dalam kondisi oke serta siap tempur menghadapi Kamboja besok. Sekali lagi kami membawa pemain muda yang akan disiapkan untuk SEA Games plus lima pemain senior. Kami telah menjalani dua kali latihan di Kamboja dan semua berjalan dengan baik. Selain itu ini momen bagi saya melihat kemampuan tim bertanding di luar Indonesia," ujar Luis Milla.




0 Response to "Prediksi Kamboja Vs Indonesia: Tes Tandang Perdana Luis Milla"

Posting Komentar

Kalau Ingin Berkomentar!!!
-Mohon berkomentar sesuai dengan topik
-Dilarang Nyepam
-Link Hidup Langsung Dihapus